3
5 Masalah yang Sering Dihadapi Blogger Newbie


Menjadi penulis memang susah-susah gampang, apalagi jika bekerja untuk perusahaan media dimana pada profesi sebagai jurnalis memang membutuhkan kaidah dan aturan main sendiri agar sebuah artikel layak terbit setelah difilter oleh editor tentunya. Nah, kali ini bahasan kita masih tetap dalam zona blogger, dan admin akan mencoba membongkar sebagian dari masalah yang sangat sering sekali menjadi halangan bagi blogger pemula dalam mengembangkan blog yang dikelolanya. Mereka (blogger newbie) memang butuh panduan atau bimbingan secara langsung dari orang yang sudah lebih dulu terjun dibidang menulis. Meski begitu siapa saja bisa menulis dan mengembangkan ide yang ada dalam kepalanya, untuk itu mencari inspirasi yang akan dijadikan sebuah topik yang akan dibahas dalam suatu blog merupakan pekerjaan sehari-hari para blogger matre.

Zaman dulu sangat berbeda dengan masa sekarang ini, terutama teknologi semakin berkembang pesat, dan bisa kita lihat sendiri banyaknya anak-anak SD yang sudah bermain game online dengan menggunakan PC, Laptop ataupun smartphone yang mungkin belum dirasakan oleh blogger yang lahir ditahun 80-an. Teknologi pada umumnya bersifat baik, namun jika disalahgunakan untuk kejahatan tentu saja bisa diringkus pak polisi. Disini admin menyarankan agar menggunakan kemudahan yang ditawarkan oleh teknologi untuk mengeruk rejeki yang mungkin bisa membantu biaya pendidikan ataupun dijadikan tabungan masa depan.

Sebelum sampai kesana, biasanya blogger pemula atau yang baru saja mencoba-coba untuk mengelola sebuah blog miliknya (pastinya dimulai dari yang gratisan dulu) akan dihadapkan dengan beberapa masalah yang bisa menghalangi upayanya dalam mengupdate blog. Kali ini akan admin rangkum menjadi lima masalah yang bersifat umum saja. Simak lanjutannya dibawah ini :

1. Ide
Kurangnya pemahaman atau mengetahui secara lebih dalam mengenai suatu topik tulisan yang akan diposting biasanya mempengaruhi seorang blogger untuk menulis masalah tersebut atau tidak. Misalnya jika ia ingin berbagi informasi tentang cara menginstal window 10 di laptop, namun sang penulis sama sekali tidak pernah melakukan tutorial tersebut pastinya ia akan mendapatkan kendala untuk bisa memberikan penjelasan lebih gamblang dibandingkan dengan penulis yang sudah setiap hari berkutat dengan permasalahan tersebut. Mungkin saja penulisnya memiliki pekerjaan sebagai tukang reparasi komputer sehingga dari pengalamannya serta ide yang dimiliki akan menghasilkan sebuah tulisan yang jauh lebih informatif kepada pembaca yang ingin mengetahui solusi yang ditawarkan.

2. CMS/Platform
Namanya juga baru berkecimpung sebagai blogger, tampilan dari masing-masing platform blog yang ia gunakan pastinya masih belum terlalu bersahabat sehingga sebelum memulai postingan ia terlebih dahulu mempelajari panel admin yang disediakan oleh cms itu. Contohnya yang populer digunakan seperti blogger, wordpress dan ada juga yang khusus untuk mobile seperti mywapblog yang mana tampilan dan menggunakannya pasti berbeda-beda. Semua platform tersebut pastinya punya kelebihan dan kekurangan, tergantung sang bloggernya saja mau ngeblog di cms yang mana. Kalau admin sendiri sudah nyaman bermain di Wordpress selfhost dan juga Blogger.com.

3. Koneksi Internet
Blogger pemula kebanyakan masih dalam rentang usia sebagai pelajar, entah itu SMP atau SMA yang pada usia seperti ini memang masih terbebani dengan biaya internet. Nah, solusi yang paling sering diambil adalah dengan mengunjungi warnet ataupun wifi hotspot yang memungkinkannya untuk bisa tersambung dengan internet. Biasanya yang tidak memiliki koneksi internet yang bisa kapan saja dipergunakan seperti modem ataupun jaringan broadband dari ISP tertentu sudah menulis postingan dulu dirumah, lalu ketika tiba di warnet atau wifi hotspot tinggal mem-publish saja sehingga lebih hemat waktu dan juga biaya yang harus dikeluarkan saat mengupdate blognya.

4. Devices
Yang ini lebih parah, blogger mungkin menyediakan subdomain gratis dan juga hosting yang tidak perlu dipikirkan bayarannya karena sudah disediakan dengan gratis. Namun bagaimanapun juga jika belum memiliki perangkat seperti Laptop, PC ataupun mobile ya pastinya akan sangat sulit untuk memperbaharui postingan di blog. Jika warnet menyediakan perangkat yang dibutuhkan tentunya akan memakan waktu yang cukup lama untuk berpikir hingga tulisan siap posting, sehingga memiliki perangkat yang memadai sangat diperlukan untuk bisa memiliki blog yang dimanage dengan baik. Jika belum punya uang, ada baiknya biasakan untuk menabung terlebih dahulu. Tidak baik membegal pemilik toko komputer hanya untuk bisa ngeblog karena resikonya tinggi coy, penjara!

5. Konten Flash
Blogger pemula juga hampir keseluruhan melakukan hal ini, yakni plagiat atau istilahnya copy and paste. Sebagai percobaan memang tidak masalah, namun jangan terus-terusan melakukan ini apalagi seluruh postingan blog isinya hasil dari copy paste karena tidak ada gunanya bagi perkembangan blog di masa depan. Bila melakukan hal ini jangan lupa sertakan link sumbernya. Sepandai-pandainya Anda menyembunyikan sumber kalau konten di blog Anda ternyata hasil plagiat, maka peluang untuk bisa tampil di page satu pencarian search engine menjadi sangat rendah. Untuk itu, hindari sedini mungkin bro.

Itu tadi ulasan admin konsultan blogger terkait beberapa masalah yang sering dihadapi blogger pemula ketika ingin eksis menjadi penulis disuatu blog yang dikelolanya, jika ada hal-hal lain yang mungkin sangat membebani seorang blogger dalam memulai konten perdananya silahkan sharing bersama pembaca lainnya dengan cara menuliskannya di kotak komentar. Kalau tidak ada juga tidak apa-apa, tidak perlu menangis. Sekian dan terima gaji.


Post a Comment

  1. Terima kasih sangat membantu

    ReplyDelete
  2. memang benar tu mas. ide memang menjadi masalah nomor 1 pantas jika diletakkan paling atas. sebagai blogger baru, saya sangat tekendala dengan ide postingan.

    ReplyDelete

 
Top