0
Mulai Ngeblog ? ini Rekomendasi CMS Blog Terbaik


Berbagai alasan bisa dijadikan sebagai daya tarik bagi para blogger newbie untuk menjadi penulis disebuah blog yang dikelolanya. Mulai dari hobi, iseng-iseng atau ikut teman serta banyak lagi faktor yang membuat seseorang itu tertarik untuk menggeluti dunia yang satu ini. Layaknya seorang yang menulis diary harian, dimana ia menuliskan sesuatu yang ada dalam pikirannya pada hari itu juga atau kejadian yang menurutnya lucu, unik dan juga sedih bisa dijadikan topik yang diangkat menjadi cerita yang terjadi pada hari itu.

Tergantung si penulis sih, entah dia mau menulis atau tidak semua itu bukan urusan admin. Namun beda cerita dengan ngeBlog, jika menulis diary bisa dengan menggunakan buku kecil dan sebuah pena, maka ngeblog tidak bisa menulis dilayar monitor dengan menggunakan pulpen. Untuk itu ada baiknya kita mengenal CMS yang tersedia dalam memulai kegiatan kita sebagai blogger.

Masalahnya, setiap penulis blog yang newbie sering kali bingung mau menggunakan platform apa yang akan digunakan, atau CMS apa yang cocok untuk seleranya. Nah, beranjak dari masalah blogger seperti ini, admin akan memberikan beberapa rekomendasi yang mungkin bisa membantu kamu untuk memilih CMS apa yang akan digunakan kelak tentunya setelah admin beberkan beberapa kelebihan dan kekurangan dari CMS rekomendasi seperti yang ada dibawah ini :

1. Blogger.com
Jika Anda punya waktu untuk mengenal lebih dekat jenis platform ini, sebenarnya blogger.com adalah produk hasil akusisi Google dari sebuah organisasi atau bisa juga disebut sebagai perusahaan pengembang dimana seorang blogger yang menggunakan fasilitas ini akan mendapatkan sebuah subdomain dengan top domainnya blogspot meskipun diberikan fitur untuk custom menjadi top level domain. Seperti blog ini yang berada di alamat http://zonakonsultasi.blogspot.com. Mengusung tampilan sederhana, mudah digunakan dan juga seo friendly (bisa disetting auto share ke akun google+) tentu membuat banyak blogger memilih platform ini sebagai CMS favorit, selain itu kita tidak dipusingkan dengan tagihan biaya domain dan juga hosting sebab semuanya sudah ditanggung oleh Google selaku pemilik dan pengelola. Kekurangannya: karena Google yang punya, jadi blog Anda masih berada dalam pengawasan yang punya dengan beresiko kena banned jika terdapat penyalahgunaan seperti melakukan spam dan memposting konten yang dilarang (judi, po*no, obat ilegal, jasa pembunuhan, plagiat, pelanggaran hak cipta, software bajakan dll). Selain itu, kita juga tidak bisa mengupload file seperti dokumen dari aplikasi Microsoft Office, ZIP file, ISO file. Jika mau mengunggah file dengan ekstensi seperti itu, gunakan saja google drive :D

2. Wordpress.com
CMS yang satu ini juga populer digunakan para blogger yang mana kita akan mendapatkan sebuah subdomain dengan alamat blogkamunihcoy.wordpress.com. Wordpress juga menyediakan CMSnya untuk selfhost, jadi kita bisa menginstal CMS tersebut pada hosting yang kita gunakan (baik hosting gratis maupun bayar). Tentu saja fitur yang ditawarkan wordpress selfhost lebih banyak dan bisa diutak-atik sesuai dengan selera pemiliknya. Meski begitu, wordpress.com juga menawarkan custom top level domain serta tampilan dashboard yang tidak jauh beda dari versi selfhost. Versi selfhost sendiri memungkinkan kita untuk mengistal plugin yang tujuannya untuk mendukung kegiatan blogging. Beberapa plugin yang disediakan seperti untuk membuat blog lebih seo friendly dan melihat statistik yang jauh lebih detail memang ada pada CMS ini. Blogger.com juga menyediakan laman untuk statistik blog, namun lagi-lagi mereka lebih menyarankan untuk menggunakan google analytics jika ingin melihat info lebih detail daripada yang ada di tampilan dashboard blogger.com. Kekurangan: untuk versi wordpress.com tentunya kita dibatasi dengan diberikan limit pada space file yang akan kita host, selain itu beberapa theme yang disediakan masih tampak biasa saja. Versi selfhost masih sering menjadi incaran untuk dihack, sebuah celah keamanan yang ada pada selfhost memungkinkan seseorang yang tanpa permisi bisa masuk ke admin panel dan bertindak sebagai admin karena ulah orang yang tidak bertanggungjawab, selain itu CMS ini masih sering dijadikan sebagai sasaran spamming jika tidak diproteksi oleh akismet atau plugin lainnya pencegah spam.

3. Mywapblog.com
CMS yang bisa digunakan oleh blogger yang suka memposting via ponsel cocoknya menggunakan platform yang satu ini. Selain penggunaan yang mudah, kita juga bisa attach file dalam blog hanya dengan menggunakan kode BB atau yang sering dipakai di forum-forum. Tentu saja browsing lewat HP lebih murah dari segi biaya jika menggunakan paket dan juga potongan promosi yang tepat dari operator. Selain itu, kita juga bisa menggunakan custom top level domain sehingga blog terkesan lebih profesional. Kekurangannya: cms ini masih saja menampilkan iklan di blog, meski bisa disetting menjadi sharing pendapatan namun iklan tersebut kadang berisi konten yang tidak ada hubungannya dengan apa yang diposting sehingga terkesan tidak nyambung. Kalau bisa disarankan mereka para pengelolanya mulai bergabung dengan adchoices, bukan monoton dengan situs perpendek url, secara logis iklanlah yang membantu mereka untuk terus eksis jadi apa boleh buat, pengguna juga tidak dipungut biaya :D


Nah, itu dia CMS rekomendasi blog terbaik dari admin, masih banyak lagi platform lain yang bisa digunakan sebagai sarana untuk ngeblog. Kali ini hanya rekomendasi dari admin saja, soalnya begitu mencoba ketiga platform ini langsung tertarik menggunakannya, kemungkinan yang sama juga bisa terjadi pada Anda. Tidak harus menggunakan semua platform juga, karena satu saja sudah cukup asal terawat dengan baik dan bisa membagikan informasi yang berguna bagi para pembaca tentunya Anda sebagai penulis sudah melakukan sebuah perbuatan yang mendatangkan pahala. Selain itu, pembaca juga akan terbantu dengan tulisan Anda yang bisa menjadi solusi atau sebagai sumber inspirasi bagi mereka. Jika ada platform blog lain yang kalian ingin rekomendasikan kepada pembaca lainnya, silahkan sharing di kolom komentar ya. Sekian dan terima gaji.



Post a Comment

 
Top