1
Apa itu Blog ?


Apa itu Blog ?

Banyak yang masih belum tahu apa sebenarnya blog itu meski tidak sedikit diluar sana yang sudah bergumul dengan yang satu ini selama bertahun-tahun lamanya. Tidak perlu rasanya saya mengutip dari Wikipedia atau situs referensi lain hanya untuk mendefenisikan hal ini. Seperti yang sudah sering anda kunjungi, blog merupakan sebuah laman yang biasanya bersifat dinamis (berubah-ubah isi kontennya) bahkan bisa juga bersifat statis tergantung dari keperluang si pemilik blog. Namun yang pasti lazimnya blog itu akan bersifat dinamis karena postingan yang selalu diupdate oleh sang owner.

Berbicara soal blog, tidak terlepas dari makna blog itu sendiri. Blog sering kali membuat orang menjadi marah karena merasa tersinggung dengan penyebutan blog itu sendiri apalagi jika dilakukan secara berulang-ulang. Misalnya, seorang teman anda menjuluki anda dengan sebutan blog, go blog, blog, dasar lo go blog, emang elu kagak ada gunanya, lu kan go blog. Nah, dari situ bisa kita artikan bahwa blog ini bisa dijadikan sebagai kata-kata yang menyinggung banyak orang.

Blog juga digunakan orang sebagai diari. Mungkin keterbatasan uang dan pulpen menjadikan ia harus lebih kreatif dimana hobinya sebagai penulis juga bisa disalurkan. Pada kasus ini, blog menjadi solusi yang paling efektif. Karena kita bisa menulis apa saja yang kita mau tanpa harus memusingkan biaya kertas dan tinta. Tentu saja bisa disetting juga privasinya, apakah kita mau agar orang bisa membaca diari tersebut atau tidak.

Blog juga digunakan sebagai media promosi, entah karena bergelut di dunia bisnis sehingga harus bisa mengembangkan usahanya biar lebih rame lagi makanya blog dijadikan sebagai media promosi yang paling murah dan mudah digunakan. Apapun promosinya minumnya tetap teh botol sampan. Meski begitu, keberadaan blog di jagat maya ini sebenarnya ada buruk dan baiknya juga. Kita bisa terbantu untuk mengerjakan tugas yang berkaitan dengan pembuatan makalah dari sekolah atau kampus. Ide yang tertuang dalam blog tersebut bisa dengan mudah dicopy dan dipaste ke word sehingga tugas-tugas yang dibebankan oleh guru maupun dosen bisa diselesaikan dengan mudah.

Tak hanya itu, blog juga bisa bikin seseorang menjadi terkenal. Mungkin contoh nyatanya bisa dijadikan sebagai acuan seperti mas Raditia Didit yang juga populer berkat tulisannya tentang cerita kisah kambing dan sapi. Boomingnya buku mas Raditia Didit itu membuatnya sering tampil diberbagai acara televisi dan menjadi model iklan untuk pengharum ruangan yang terlebih dahulu dibuat bau dengan kaos kaki. Banyak sekali manfaat blog jika diterapkan dengan baik tentunya berisi informasi yang bisa dijadikan orang banyak sebagai referensi atau sumber pengetahuan tambahan. Namun tidak semuanya harus dipercaya atau diterima matang-matang loh, contohnya saja artikel ini jangan diterima defenisinya bulat-bulat, harus pintar juga dalam menelaah makna dibalik yang tertulis.

Blog juga bisa jadi sumber penghasilan, banyak blogger zaman sekarang yang menjadi kaya mendadak tentu saja dengan kerja keras dan membuat brand tersendiri dimana ketika brand yang dimilikinya itu menjadi populer, maka traffic pun bisa mengalir deras menuju situs atau blog miliknya. Salah satu blog yang sudah sukses membangun brandnya sendiri sebut saja seperti majalah siantar, ganool, mas juki, komik manga online dan lainnya yang semula hanya berawal dari sebuah imajinasi yang tidak terduga bisa mendatangkan rejeki jika sudah sempat booming dan dikenal masyarakat sebagai salah satu situs yang menguntungkan mereka.

Nah, mungkin sekian dulu postingan seputar apa itu blog, jangan lupa untuk terus berkunjung ke blog ini karena masih akan ada banyak info menarik seputar dunia blogging yang akan dibahas mulai dari level newbie hingga ke fase mastah yang bisa mendapatkan uang dari bisnis secara online. Untuk sementara artikel lanjutan akan mengulas bagaimana membuat blog dan platform apa saja yang asik untuk dijadikan basis ngeblog. Sekian dan terima gaji.
Next
Newer Post
Previous
This is the last post.

Post a Comment

  1. Wah artikelnya keren gan artikelnya bermanfaat banget buat saya ini, makasih ya udah diShare

    ReplyDelete

 
Top