0
Ketika saya sedang browsing dan mengetikkan kata kunci "cara menghasilkan uang dari website secara online", ada begitu banyak yang menuliskan topik tentang hal ini, namun menurut saya pribadi apa yang mereka tuliskan memang masih belum lengkap karena cara menghasilkan uang secara online itu bisa dengan beragam cara. Nah, mumpung saya lagi punya waktu senggang seharian, jadi tidak masalah apabila menuliskan cara-cara meraup uang dari dunia maya secara lengkap di blog konsultan blogger ini. Lagi pula, pertanyaan ini adalah pertanyaan klasik dan paling sering ditanyakan oleh mereka yang tertarik memasuki dunia blogging ataupun sebagai webmaster. Apa yang bisa saya peroleh dengan memiliki website ? Banyak juga yang mempertanyakan bagaimana cara menghasilkan uang dari blog / website yang kita kelola ?.

Untuk menjawab pertanyaan itulah mengapa saya akhirnya memutuskan untuk membuat cara-cara menghasilkan uang online ini menjadi satu artikel. Apabila ada cara yang tidak saya tuliskan dalam artikel ini, silahkan beritahu saya pada kolom komentar, nanti akan saya perbaharui lagi.

10 Cara Menghasilkan Uang dari Website Anda
Cara menghasilkan uang dari blog

Perhatikan bahwa beberapa cara untuk menghasilkan uang dengan situs web yang Anda miliki akan berbeda bila dibandingkan dengan cara untuk membuat lebih banyak uang dari cara tersebut. Metode dalam meningkatkan traffic menuju situs Anda atau yang lebih sering disebut dengan PPC memang akan membantu Anda mendapatkan lebih banyak uang, namun tidak selamanya cara ini mewakili teknik dalam menghasilkan uang secara keseluruhan.

Misalnya, orang bisa menunjukkan bahwa pencampuran iklan AdSense dengan konten adalah cara untuk menghasilkan uang dari sebuah situs web. Pada kenyataannya tidak juga; itu hanya salah satu dari banyak cara untuk menghasilkan lebih banyak uang dengan meningkatkan CTR di situs Anda. Metode monetisasi sebenarnya di balik itu adalah jaringan iklan PPC.

Beberapa cara yang dituliskan pada artikel ini dibagi menjadi metode langsung dan tidak langsung, dilengkapi dengan contoh dan link. Baca selengkapnya dibawah ini :

Metode Langsung

1. Jaringan Iklan Berbasis PPC

Google AdSense adalah pilihan yang paling populer dalam kategori ini, tetapi ada juga yang terbaik menurut orang lain. Pada dasarnya Anda perlu mendaftar dengan jaringan dan menyisipkan beberapa potongan kode pada website Anda. Jaringan kemudian akan melayani iklan kontekstual (baik teks atau gambar) yang relevan untuk situs web Anda, dan Anda akan mendapatkan sejumlah uang untuk setiap klik valid dari pengunjung website / blog Anda.

Keuntungan dari iklan PPC tergantung pada tingkat lalu lintas umum website dan yang paling penting, di klik-tayang (RKT) dan biaya per klik (BPK). RKPT tergantung pada desain website. Iklan yang ditempatkan atau disematkan dengan konten, misalnya, cenderung mendapatkan RKPT lebih tinggi. BPK, di sisi lain, tergantung pada kondisi website baik atau tidak. Website dengan tema produk keuangan dan pendidikan tinggi adalah contoh niche blog yang sangat menguntungkan (klik senilai beberapa dolar bisa kamu dapatkan bila menampilkan iklan ini), sedangkan topik-teknologi cenderung menerima BPK yang lebih kecil (kadang-kadang rendah hanya $ 0,07 per klik).

Sumber lalu lintas juga dapat mempengaruhi tingkat RKPT keseluruhan. Lalu lintas organik (salah satu yang berasal dari mesin pencari) cenderung memiliki tingkat kesuksesan dengan baik karena pengunjung tersebut sudah mencari sesuatu, dan mereka cenderung untuk mengklik iklan. Lalu lintas media sosial, di sisi lain, menyajikan RKPT sangat rendah karena pengunjung tersebut hanya sekedar iseng dan ingin tahu dan biasanya mereka akan mengabaikan iklan.

Daftar jaringan periklanan PPC populer:


2. Jaringan Iklan Berbasis CPM

Jaringan iklan CPM sebenarnya hampir sama cara kerjanya seperti jaringan PPC, hanya saja di CPM, Anda dibayar sesuai dengan jumlah tayangan (yakni, tampilan halaman) bahwa iklan yang ditampilkan di situs Anda akan menghasilkan uang dengan jumlah tayangan laman yang banyak pula. CPM adalah singkatan dari Cost per Mille, dan mengacu pada biaya untuk 1.000 kali tayangan.

Sebuah blog yang menghasilkan 100.000 page views per bulan menampilkan banner iklan dengan biaya $ 1 CPM, karena itu, si pemilik web akan mendapatkan $ 100 per bulan.

Tarif CPM bervariasi sesuai dengan yang ditentukan jaringan pengiklan, posisi iklan dan format iklan. Semakin baik networknya, semakin tinggi punya harga CPMnya (karena mereka memiliki akses ke lebih banyak pengiklan). Semakin sering Anda menampilkan iklan dengan tampilan ribuan halaman, semakin tinggi pula CPM. Semakin besar format (dalam hal piksel), semakin tinggi harga CPM.

Anda bisa mendapatkan setidaknya $ 0,10 dan mencapai $ 10 per 1.000 tayangan (bisa juga lebih dalam beberapa kasus). Iklan CPM cenderung bekerja dengan baik pada website dengan tampilan halaman tinggi per rasio pengunjung (misalnya, forum online, majalah dan sebagainya).

Daftar jaringan iklan berbasis CPM :



3. Iklan Banner Secara Langsung

Menjual space iklan di situs milik Anda sendiri adalah salah satu metode monetisasi yang paling menguntungkan. Pertama dan terutama karena memungkinkan Anda untuk memotong komisi perantara atau agen dan bisa langsung menentukan tarif sendiri. Format spanduk paling populer di web adalah 728 × 90 leaderboard, 120 × 600 skyscraper, 300 × 250 persegi panjang dan 125 × 125 kotak persegi ukuran kecil.

Kelemahan dari iklan banner langsung adalah bahwa Anda harus memiliki pembaca dalam jumlah yang besar untuk mendapatkan pengiklan yang memenuhi syarat, dan Anda juga akan disibukkan dengan waktu mengelola proses penjualan space sendiri, memasang dan mencopot banner secara berkala dan mengurusi transaksi pembayaran secara langsung dengan si pengiklan. Selain itu, pastikan Anda memiliki rekening lebih dari satu, biasanya si pengiklan akan mengirim uang pasang iklan dengan rekening bank tertentu miliknya, sebagai penampung dana, kita juga sebaiknya memiliki jenis bank yang sama karena hal ini akan menolong si pengiklan dari potongan transfer antar bank yang sebenarnya bisa dihindari dengan memiliki bank yang sama. Beberapa bank yang sering digunakan dan populer di Indonesia adalah Bank BCA, Bank BNI, Bank Mandiri dan Bank BRI.

4. Iklan Link Teks

Hal ini biasanya dilakukan oleh website atau blog yang memiliki Page Rank yang tinggi. Situs yang memiliki pagerank 6 ke atas biasanya menjual link teks hingga $30 perbulannya. Namun cara ini menjadi kurang populer karena link dengan tag dofollow justru dilarang oleh Google karena dapat mempengaruhi kualitas dari web pemberi link ke situs yang beriklan. Namun hal ini tergantung pada pemilik blog, jika mereka tidak keberatan, maka link teks bisa saja diperjualbelikan.

Namun jika Anda ingin mendapatkan penghasilan dari penjualan link teks di situs Anda melalui perantara, beberapa situs dibawah ini bisa Anda coba :

5. Afiliasi Produk Tertentu

Afiliasi adalah cara mendapatkan uang secara online yang sangat populer di Internet. Dengan menggunakan sistem ini Anda memiliki seorang produsen suatu produk yang bersedia orang lain (afiliasi) menjual produknya secara langsung atau tidak langsung seperti produk barang dan jasa, afiliasi ini akan mendapatkan komisi apabila berhasil menjadi referensi seseorang dan membeli atau menggunakan jasa si produsen. Kadang-kadang jenis periklanan ini disebut juga dengan BPA (biaya per tindakan) atau CPL (biaya per lead).

Afiliasi dapat menarik pelanggan potensial ke penjual menggunakan beberapa cara, baik dari iklan banner, teks link menuju situs penjual dan bisa juga melalui review produk.

Jika Anda berminat untuk bermain afiliasi di situs Anda, jenis usaha toko online atau web hosting biasanya memberikan fasilitas menjadi member afiliasi mereka. Atau jika Anda berminat, juga bisa bergabung dengan jaringan afiliasi populer seperti berikut ini :


6. Monetisasi dengan Menggunakan Widget

Tren terbaru cara menghasilkan uang di situs web / blog adalah pemasangan widget yang memungkinkan Anda menghasilkan uang dari website Anda. Widgetbucks dan SmartLinks merupakan contoh dari teknik ini. Beberapa dari layanan ini beroperasi di bawah skema PPC, dengan mempersilahkan orang lain untuk memasang iklannya dalam widget seperti iklan dalam bentuk link teks, ada juga yang menggunakan untuk mempromosikan produknya.

Layanan ini juga memiliki perbedaan dari jaringan iklan lainnya, kita bisa memasang widget dengan mudah dan web akan mulai menghasilkan uang dari hasil tayangan laman dan jumlah klik yang kita dapatkan.

Daftar perusahaan populer yang menyediakan monetisasi widget:




7. Review Sponsor

PayPerPost merupakan layanan yang menjadi pelopor model monetisasi jenis ini, dengan banyaknya kontroversi pada awal berdirinya jenis bisnis online ini (berkaitan dengan fakta bahwa mereka tidak memerlukan pengakuan pada postingan yang dibayar). Namun model jenis ini tetap diikuti perusahaan lain, yang paling terkenal adalah Sponsored Review dan ReviewMe, berhasil menyempurnakan proses dan transaksi transparan  dan memperluas model ini untuk para blogger yang bersedia dibayar saat mengulas suatu produk.

Bergabung dengan salah satu layanan sponsor review ini akan memberikan Anda kesempatan untuk menulis posting yang juga disponsori oleh sponsor yang sudah memberikan bayaran kepada perantara atau perusahaan iklan yang menjadikan sponsor review sebagai layanan utama dalam memonetisasi konten yang ada dalam blog kita. Tidak semua blogger yang bersedia dibayar untuk menulis tentang produk tertentu atau situs web (karena mungkin menyangkut masalah kredibilitas dan editorial), tetapi banyak juga orang-orang yang melakukan review sponsor dan mendapatkan uang dari hasil review di blog mereka.

Jika blog Anda memiliki jumlah pembaca yang besar maka Anda juga bisa menawarkan untuk menulis review produk si pengiklan secara langsung, tanpa harus dibebankan biaya potongan dari para perantara.

Daftar jaringan Review Sponsor dan dibayar yang bisa kamu ikuti :




8. Iklan dari RSS Feed

Dengan perkembangan yang cepat dari teknologi RSS dan digunakan oleh jutaan pengguna internet, pemilik website mulai mencari cara untuk menguangkan konten baru ini.

Feedburber sudah memiliki jaringan penerbit sendiri, dan Anda dapat mendaftar untuk mulai menampilkan iklan berbasis CPM pada footer feed Anda. Bidvertiser baru ini memperkenalkan pilihan RSS feed iklan dengan skema PPC.

Akhirnya, beberapa blog juga memilih untuk memonetisasi banner atau pesan yang disponsori pada web mereka secara langsung. John Chow dan Marketing Pilgrim sebagai contohnya.

Situs lainnya yang direkomendasikan :

9. Sponsor untuk Events Perusahaan

JIka blog Anda berisi tentang menceritakan suatu event atau kejadian tertentu dan membuat laporan dalam situs Anda, konten seperti ini juga dapat digunakan untuk mendulang uang dari website yang kamu kelola, Anda bisa mengajukan proposal untuk mengulas suatu acara yang diselenggarakan oleh sebuah perusahaan dan meliputnya secara lengkap dalam halaman khusus event dalam situs Anda.


10.Premium Konten

Beberapa situs web dan blog memberikan space dari konten mereka secara gratis, dan juga berbayar untuk akses ke konten premium dan alat eksklusif lainnya.

SEOmoz adalah contoh dari metode ini. Mereka yang memiliki blog sangat populer biasanya memberikan saran dan informasi di berbagai topik terkait SEO. Meski demikian, hal ini tergantung dari pengunjung yang mutlak memutuskan untuk menjadi anggota premium atau tidak. Biayanya pun bervariasi tergantung dari jenis konten premium macam apa yang akan dinikmati oleh pengguna berbayar.

Sampai disini apa sudah semua cara menghasilkan uang secara online dibahas ? Belum. Masih ada bagian lainnya yang akan admin bagikan khusus untuk Anda, namun untuk menghindari konten yang sangat panjang, akhirnya diputuskan untuk melanjutkan pada postingan selanjutnya.

Jangan lupa follow twitter kami dan like fanspage facebook ya..

Post a Comment

 
Top