0
Keuntungan Memiliki Blog Tanpa Iklan
Keuntungan Memiliki Blog Tanpa Iklan

Konsultan Blogger - Hai para pembaca sekalian, rasanya sudah lama sekali tidak coret-coret di blog yang fana ini. Memang sudah saya lihat di bagian statistik blog bahwasanya pengunjung dari blog ini sudah turun drastis, wajar saja karena semenjak saya bekerja di dunia nyata, blog ini sudah terabaikan.

Meski begitu, naluri saya sebagai seorang blogger masih ada kok teman-teman, dan semenjak saya sudah merasa bahwa pekerjaan tetap sebagai seorang guru sudah mampu memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari saya, dengan ini saya mengumandangkan bahwa blog juga harus berjalan seiring dengan pekerjaan tetap saya.

Sedikit lari dari topik ya guys, dulu saat saya masih kuliah, tentu jam kuliah banyak yang longgar (pasti Anda juga pernah merasakannya jika dulu Anda kuliah). Nah, saya berpikir kegiatan positif apa yang bisa saya lakukan di sela-sela kegiatan kampus. Namun saya tidak menyukai keramaian atau sesuatu yang bisa merusak kegiatan utama saya di kampus, yakni belajar.

Ternyata saya temukan jawabannya karena saya termasuk orang yang suka browsing, membaca artikel disana dan disini, sehingga terpikir bagaimana cara saya bisa mengingat hal itu semua, dari situlah saya mulai terpikir untuk membuat sebuah blog. Blog pertama saya pada tahun 2010-an di banned oleh mbah Google. Wajar saja, sebab hampir 90% isinya adalah copy paste.

Namun saya tidak cepat putus asa, malah makin rajin ngeblog, dari situlah traffic blog makin hari makin meningkat dan ditawar oleh orang lain untuk memasang iklan. Wah, saya tertarik untuk menekuni blog ini sembari bertransaksi dengan nominal yang tidak kecil. Hampir seluruh bagian dari blog saya itu terisi iklan. 

Memang diakui, sangat tidak enak bila dipandang mata. Namun dompet kita tebal guys. Bayaran itu datang diawal, karena kita mengadakan kerjasama langsung dengan si pengiklan, mereka langsung transfer ke rekening yang kita sediakan.

Tak lama kemudian, saya juga tertarik untuk lebih menghasilkan uang dari blog saya dengan mengikuti program refferal, PPC, CPM bahkan hingga menjual produk sendiri.

Bisa dibilang program monetize blog untuk saat itu cukup berhasil. Saya bisa membayar uang kuliah sendiri dan meringankan beban orangtua.

Kok malah curhat ya ?, tenang saja teman-teman. Masih ada hubungannya dengan tema kita apa saja keuntungan yang kita dapatkan bila blog kita tidak ada iklannya.

Mungkin Anda bingung, kenapa bisa beruntung tanpa ada iklan di blog ?

Tentu bagi blogger matre, uang dari iklan di bloglah yang membuat blog itu tetap hidup dan terupdate. Tidak ada salahnya bila berpikiran seperti itu. Hanya saja, keuntungan yang saya ingin utarakan disini adalah sebagai berikut :

- SEO Friendly
Entah kalian sepemikiran dengan saya atau tidak, namun saya mencari tahu sendiri dimana konten yang sama dengan blog tanpa dan memiliki iklan, maka yang lebih diutamakan dalam tampilan pencarian adalah konten yang blognya tidak memiliki iklan sama sekali, termasuk Adsense.

- Pengunjung Merasa Nyaman
Mungkin hampir semua sepakat bahwa blog yang bermutu, yang menyajikan konten original dan berkualitas dan tidak ada iklan di blog itu, tentu akan sangat disenangi oleh pengunjung. Tidak hanya mesin pencari, manusia biasa juga pastinya akan betah berlama-lama bahkan kembali lagi untuk membaca isi blog tersebut karena blognya clear dari segala jenis iklan. Dari sini kita bisa melihat bahwa si penulis blog dengan kemurnian dan ketulusan hati ingin menuangkan ide dari pikirannya untuk dibaca oleh oranglain tanpa harus berpikir tentang keuntungan uang semata.

- Bisa Menggunakan Donasi
Tentu memiliki blog, apalagi dengan domain premium serta hosting berbayar memiliki biaya tersendiri yang harus dibayar lunas di depan. Namun yakinlah. Tanpa iklan, kita juga bisa mendapatkan uang untuk sekedar biaya internet dan ngopi dengan membuat fitur Donasi di blog kita. Hal ini tentunya tidak termasuk pada kategori iklan. Sebab kita tidak mempromosikan produk atau jasa tertentu, karena kita hanya membuat wadah kepada siapa saja pembaca kita yang merasa terbantu dengan tulisan yang kita muat untuk dengan sukarela memberikan bantuannya dalam bentuk donasi. 

Ada banyak web terkenal di dunia, yang menggunakan donasi dari para pembaca untuk tetap bertahan dan lebih memperkaya konten di websitenya. Namun mereka tidak memasang iklan. Salah satunya adalah Wikipedia.

Hmm, saya kira itu dulu ya teman-teman. Jika kalian punya pendapat lain atau ide mengenai topik ini yakni Keuntungan Memiliki Blog Tanpa Iklan maka kalian diundang untuk menyampaikannya di kolom komentar dibawah ini. Sekali lagi tulisan ini hanya membantu membuka pandangan kita saja bahwa tidak selamanya kita membuat dan menulis di blog hanya untuk mencari uang saja meskipun hal itu tidak dilarang.

Akhir kata saya admin Konsultan Blogger, terbuka untuk sharing apa saja mengenai pertanyaan blogger yang belum ditemukan jawabannya. Semoga membantu, sekian dan terima gaji.

Next
This is the most recent post.
Previous
Older Post

Post a Comment

 
Top