0
Cara Migrasi dari Blogger ke WordPress dengan Benar - Hmm, tampaknya Anda ingin melakukan perpindahan platform dari blogger ke wordpress ya ?. Tidak masalah, hal ini memang sering dilakukan bagi blogger yang sudah muak menggunakan blogger.com dan ingin mencoba beberapa fitur yang ditawarkan wordpress. Saran saya gunakan CMS Wordpress yang versi self-host jadi ada gunanya Anda melakukan migrasi seluruh data di blog Anda ke cms yang baru.

Cara Migrasi dari Blogger ke WordPress dengan Benar
Cara Migrasi dari Blogger ke WordPress dengan Benar

Wordpress memang sudah menjadi cms paling populer dalam dunia blogging, menurut data mereka saja 24% internet ditopang oleh cms yang satu ini. Banyak blog atau website populer yang dibangung dari wordpress untuk berbagai tujuan, baik itu online shop, tutorial, dan berbagi informasi lainnya. Selain itu, wordpress juga dikenal dengan kemampuannya yang ramah seo alias disukai oleh search engine termasuk google, bing dan yahoo berkat fitur plugin yang dengan mudah di instal dari halaman dashboard. Saya sendiri sudah membuktikan hal ini dengan menggunakan wordpress di www.majalahsiantar.net.

Lalu bagaimana caranya migrasi dari blogger ke wordpress tanpa kehilangan data apapun dan juga tidak kehilangan traffic yang sudah terlanjur dibangun dengan menggunakan blogger ? Tenang saja, hal ini sangat mudah dilakukan, yang pertama sekali Anda harus persiapkan adalah memiliki akun untuk hosting (disarankan yang berbayar) sebagai tempat menyimpan data Anda untuk cms wordpress yang baru. Silahkan download cms wordpress dari halaman resminya wordpress.org.


Tujuan Kita kali ini adalah :

- Impor semua postingan dari Blogger, komentar masuk & juga halaman ke WordPress.
- Mempertahankan basic permalinks untuk postingan & halaman yang akan disinkronisasi terlebih dahulu sebelum nanti data di import.
- Mengarahkan permalinks untuk label & arsip pencarian.
- Mempertahankan pelanggan feed feedburner dari pembaca blogger.
- Terakhir mengubah pengaturan DNS Blogger ke WordPress yang Anda gunakan saat ini.


Ingat, sebelum benar-benar melakukan migrasi total dari blogger ke wordpress, sebaiknya pertimbangkan hal-hal dibawah ini :

  • Blog Anda di Blogger.com menggunakan custom Domain Setup.
  • Jika Anda berada di sub-domain blogspot, kami sarankan Anda untuk membeli dan mendaftarkan domain baru, kemudian menghubungkannya dengan WordPress.
  • Anda memiliki account web-hosting di mana Anda dapat menginstal cms WordPress self host.
  • Dan terakhir Anda memiliki akses penuh ke pengaturan DNS domain Anda (mutlak diperlukan).

Persiapan pindah dari blogger ke wordpress :


1. Backup seluruh data dari Blog Anda. Hal ini menyangkut template, posting XML dan komentar hanya untuk berjaga-jaga.

2. Download dan instal WordPress pada akun Web Hosting Anda dengan versi terbaru yang tersedia.

3. Ganti pengaturan DNS Blogger dengan blog WordPress baru Anda dengan benar. Anda juga dapat mengubah catatan A dan CNAME dengan nama domain Anda di registrar domain. Biasanya pengaturan ini terdapat di halaman client tempat dimana kita membeli domain.

Tutorial migrasi dari Blogger ke WordPress :


1. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengatur permalink di WordPress:

Cukup dengan mengunjungi halaman dashboard WordPress Anda, pergi ke Settings -> Permalinks dan pilih opsi Custom Structure dan pastekan seperti dibawah ini dalam kolom yang kosong di sebelahnya lalu simpan perubahan.

/%year%/%monthnum%/%postname%.html

2. Sekarang Impor postingan Blogger.com ke WordPress

Masuk ke laman Setting -> Tools -> Pilihan Impor dan pilih opsi Blogger. Sebuah kotak pop-up akan muncul, klik Install Plugin untuk menginstal plugin importer di WordPress.

Anda harus berada di halaman Impor Blogger dengan tombol bernama Authorize. Klik dan Anda akan dibawa ke sebuah halaman di Blogger.com (sebenarnya Google.com) di mana Anda akan diminta untuk memberikan akses ke akun admin Blogger Anda (ingat harus admin blog yang dapat melakukan hal ini). Anda mungkin akan diminta untuk login ke akun Google Anda jika Anda belum login ke layanan blogger.

Setelah Anda memberikan akses, Anda akan dibawa kembali ke pengimpor Blogger di WordPress. Jika Anda memiliki lebih dari satu blog di akun Blogger Anda, Anda juga dapat melihat keseluruhan blog yang Anda kelola dan akan tercantum di sini. Cukup klik pada tombol impor pada blog yang ingin Anda impor ke WordPress.

Setelah Anda klik impor, semua posting dan komentar dari blog Blogger.com akan mulai mengimpor ke WordPress. Proses ini dapat berhenti saat berlangsung. Dalam hal ini, teks pada tombol akan berubah dari impor untuk Lanjutkan. Terus klik saja lanjut, sampai tombol-teks menampilkan pilihan pada penulis mana data postingan tersebut akan dipindahkan, bagi yang baru saja menginstal wordpress pastinya hanya ada satu penulis saja yang tersedia. (Catatan: WordPress Importer tidak akan mengimpor halaman dari blog Blogger.com Anda.)

Jika Anda memiliki lebih dari satu penulis di blog Blogger.com, Anda perlu untuk mengklik pada menambahkan pengguna di blog WordPress Anda (membuka link add pengguna di tab baru / jendela browser Anda) atau anda dapat menggabungkan semua posting untuk satu penulis saja.
Setelah membuat pengguna di blog WordPress refresh tab sebelumnya. Jangan lupa untuk menyimpan perubahan.

Note: Pada titik ini, blog Blogger.com Anda benar-benar diimpor. Tapi tunggu dulu, pekerjaan belum selesai karena gambar Anda dihost pada server Blogger masih tinggal di sana sehingga disarankan jangan langsung menghapus blog Blogger.com Anda.

3. Memperbaiki permalinks untuk posting Impor

Permalinks
Untuk melakukan hal ini, buatlah sebuah file baru di notepad di mana Anda harus paste kode berikut ini dan kemudian menyimpannya dengan nama file fix.php

Done

- Sekarang upload file ini ke folder default WordPress Anda dan periksa apakah Anda telah melakukannya dengan benar dengan mengunjungi http://example.com/fix.php (ganti example.com dengan nama domain Anda) dan jika Anda membaca hasil "DONE" pada browser Anda kemudian ok jika Anda telah meng-upload file.

Semua Selesai! Sekarang periksa semua posting blogger sebelumnya yang diarahkan ke posting wordpress baru Anda. Link postingan sekarang harusnya sudah identik dengan link yang ada di Blogger.com.

4. Mengarahkan halaman Blogger ke halaman WordPress yang baru

Untuk mengarahkan URL Halaman Blogger ke Halaman URL WordPress , Anda dapat menggunakan Redirection Plugin WordPress.

Setelah menginstal plugin ini, Anda harus melakukan beberapa latihan seperti yang diberikan di bawah ini :

* Pertama buka Blogger ke Wordpress Plugin Redirection dan kemudian klik pada tombol start konfigurasi.

* Kemudian Anda akan melihat daftar blog blogger Anda, klik pada salah satu dari mereka dan Anda akan mendapatkan kode.

* Sekarang salin kode lengkap dan mengunjungi dashboard Blogger Anda lagi.

* Buka rancangan >> bagian Edit HTML dan klik pada tombol Kembalikan ke Template klasik di bagian bawah.

* Setelah itu, paste kode yang sudah dicopy tadi dari Wordpress plugin ke dalam kotak kode template Anda dan klik simpan perubahan.

Sekarang Anda sudah selesai dengan impor halaman dari blogger.

Pada Blogger.com, URL halaman Anda terlihat seperti - example.com/p/about.html

Dan setelah membuat halaman di WordPress, URL yang tampak seperti - example.com/about/

Fitur plugin ini:

.Mendukung WordPress berbasis dan Apache berbasis redirection
.Pemantauan kesalahan halaman 404 - menangkap log 404 kesalahan dan memungkinkan Anda untuk dengan mudah memetakan ini untuk laman 301
.RSS feed untuk 404 kesalahan
.Kustom 'pass-through' pengalihan memungkinkan Anda untuk melewati URL melalui halaman lain, file, atau situs web.
.Log untuk semua URL diarahkan
.Membuat pengalihan berdasarkan URL, browser, merujuk situs, atau status login
.Secara otomatis menambahkan 301 redirection ketika perubahan posting URL
.Dukungan penuh ekspresi reguler
.File secara keseluruhan bersifat lokal
.Ekspor semua pengalihan ke CSV, XML, atau file Apache .htaccess
.Impor Apache Htacces file

5. Lanjutkan ke pelanggan feed blog Anda ...

feedburner
Jika Anda menggunakan Feedburner atau layanan pihak ketiga untuk pembaca blog kamu, Anda perlu memperbarui URL sumber feed karena akan berubah seiring dengan migrasi yang telah dilakukan.

Cukup tambahkan baris berikut di bagian atas file .htaccess yang dapat ditemukan di direktori root instalasi WordPress Anda.

#ATOM Feed RewriteRule pakan atom.xml / atom / [L, R = 301] RewriteRule feed / posts / feed default / atom / [L, R = 301] #RSS FEEDS RewriteRule feed / posts / default? Alt = rss feed / [L, R = 301] pakan RewriteRule rss.xml / [L, R = 301] #comments Pakan RewriteRule / feed / komentar / komentar default / pakan / [L, R = 301] RewriteRule / feed / komentar / default? alt = komentar rss / feed / [L, R = 301]

6. Mengatasi halaman label / kategori dari Blogger.com

Anda mungkin menghadapi beberapa masalah ketika mencari blog Anda di Google melalui situs: example.com seperti Label dan Arsip link yang diarahkan ke WordPress tetapi masih menunjukkan halaman 404.

Untuk itu cukup tambahkan kode berikut ke dalam file .htaccess:

#REDIRECT Arsip RewriteRule ^ ([0-9] {4}) _ ([0-9] {1,2}) _ ([0-9] {1,2}) _ archive.html $ $ 1 / $ 2 / [ L, R = 301] #REDIRECT label / kategori RewriteRule ^ pencari / label /(.*)$ kategori / $ 1 / [L, R = 301]

Apa langkah kita selanjutnya?


Sekarang Anda pindah ke WordPress dari Blogger tanpa kehilangan SEO dan Traffic ke Blog Anda, Anda harus mempertimbangkan hal berikut:

1. Selalu buka www.yourdomain.com/wp-login/ untuk login ke Dashboard Anda, bukan dari www.blogger.com lagi.

2. Jangan pernah mencoba untuk menghapus blog blogger Anda sebelumnya karena masih ada gambar dari posting blog Anda yang masih dihost di blogger.

3. Untuk masuk ke account cpanel, kunjungan www.yourdomain.com/cpanel

4. Membuat Backup Lengkap Blog WordPress Anda tinggal pergi ke cpanel Anda dan kemudian klik pada icon backup, sekarang Pilih Download -> cadangan lengkap dari direktori home cpanel Anda.

5. Meningkatkan Keamanan WordPress Anda dengan menginstal plugin akismet dan lain-lain.

Selesai, jika Anda mengalami masalah saat migrasi dari blogger ke wordpress yang baru, silahkan tinggalkan komentar dibawah ini. Sekian dan terima gaji.


Post a Comment

 
Top