0
5 Situs Social Media Wajib untuk Blog


Salah satu cara yang sudah sering dilakukan para blogger untuk mengembangkan blognya lebih matang lagi adalah dengan memanfaatkan situs social media. Memang situs seperti ini biasanya digunakan hanya untuk kepentingan pribadi atau menjalin hubungan dengan teman, kerabat atau rekan kerja. Padahal situs social media sangat baik untuk perkembangan sebuah blog jika digunakan dengan cara yang tepat dan membuat terobosan baru dalam strategi promosi dengan minim biaya. Mungkinkah Anda sempat terpikir bagaimana cara blog yang Anda kelola akan dikunjungi oleh pengunjung selain dari hasil pencarian di mesin pencari seperti google misalnya. Tentu saja, semakin kreatif kita dalam mencari backlink (tautan yang mengarah ke blog kita) maka akan semakin tinggi peluang blog kita ramai pengunjung.

Biasanya bagi blogger matre, visitor merupakan kunci utama dalam sukses meraup rejeki dari dunia online. Sebab dengan traffic yang tinggi bisa dikonversikan menjadi uang tergantung bagaimana cara sang blogger memanfaatkan kunjungan baik dengan cara berjualan produk secara online atau online shop, bisa juga dengan afiliasi, ppc bahkan dengan menyediakan jasa yang bisa dilakukan transaksi secara online dan proses serta pemantauannya juga bisa dicek via online. Misalnya jasa web desain, web hosting, atau jasa biro jodoh online hehehe.

Jika ingin mengais rejeki dari dunia maya, sudah sepatutnya Anda mengembangkan bisnis yang Anda kelola lebih luas lagi, memanfaatkan situs social media untuk perkembangan blog merupakan cara yang paling mudah dilakukan, apalagi penggunaannya sama sekali tidak dipungut biaya alias gratis. Namun semua itu kembali lagi kepada keinginan sang blogger apakah mereka ingin berbuat atau sudah senang dengan cara yang mereka lakukan selama ini dan tetap bertahan dengan teknik seperti itu. Meski demikian kali ini admin akan membeberkan sejumlah situs social media yang paling direkomendasikan wajib dimiliki oleh webmaster ataupun blogger, simak selengkapnya dibawah ini :

5. Linkedin
Sebuah situs social media dengan network yang menunjukkan keseriusan dalam mengelola sesuatu sebab dalam situs ini akan ditawarkan perkenalan dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama bahkan sudah sukses menjalaninya, sebagai tambahan web ini juga menyediakan layanan dimana kita bisa share status yang bisa digunakan untuk membagikan konten dari blog kita sama seperti update status di facebook.

4. Youtube
Ini merupakan situs yang memperbolehkan usernya mengupload video dan dapat disetel untuk ditonton oleh publik atau bersifat pribadi. Melihat tingkat populernya Youtube di dunia, tidak heran jika banyak pebisnis online mulai memperkenalkan produknya dengan menggunakan media video yang memang lebih disukai orang banyak karena tersedia dalam audio visual, sehingga pesannya bisa langsung mengena dan berujung dengan lakunya produk yang dipromosikan. Untuk bisa menggunakan layanan ini, Anda yang memiliki akun di blogger.com sebenarnya sudah bisa langsung menikmati fitur member karena layanan ini sudah terintegrasi dengan akun google.

3. Google+
Setiap kali update pos di blog memang artikel kita akan otomatis di share ke laman google+, hal ini membantu blogger untuk mengoptimasikan kontennya agar bisa tampil dalam page 1 pencarian google, dengan demikian memanfaatkan laman google+ juga wajib dilakukan para blogger karena hingga sejauh ini google+ tidak pernah memberikan tag nofollow pada tautan yang ada disitus mereka, tidak seperti facebook dan twitter. Lagi-lagi layanan ini bisa langsung digunakan jika Anda sudah memiliki akun google.

2. Twitter
Situs yang lebih dikenal dengan simbol burung yang mana para penggunanya disebut berkicau ria juga sangat baik digunakan untuk perkembangan blog, sebab twitter memiliki banyak member yang jika dikonversikan terhadap penjualan yang ada pada website atau blog Anda pastinya akan menghasilkan profit besar. Apalagi dengan karakter yang dibatasi hingga 180 karakter itu bisa kita padatkan dengan menggunakan kata ajakan dan link penyingkat url untuk mengurangi penggunaan karakter yang masih tersedia.

1. Facebook
Siapa yang tidak kenal dengan situs networking raksasa ini, hampir semua masyarakat dunia menggunakan facebook untuk menjalin hubungan dengan teman atau keluarga berkat dimanjakan oleh fitur yang sudah sangat lengkap. Untuk blogger sendiri diberikan fasilitas untuk membuat fan page dimana para likers Anda akan tetap mendapatkan konten atau informasi dari blog Anda langsung dari beranda facebook mereka. Selain itu, mempromosikan produk lewat grup yang berkaitan untuk meningkatkan penjualan juga bisa dilakukan sebagai tindakan tambahan jika masih memiliki waktu yang cukup untuk melakukannya.

Dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, tidak ada salahnya menggunakan situs social media untuk menambah isi dompet bukan ?, jadi tidak hanya sekedar chat atau membaca status terbaru dari teman-teman, namun bisa digunakan untuk membuat blog semakin terkenal dan otomatis visitor pun akan bertambah. Selain 5 situs social media diatas, para blogger yang masih punya banyak waktu untuk mengurus blognya juga bisa mencoba layanan yang disediakan oleh pinterest, instagram, path, myspace, ask fm dan berbagai layanan lainnya, selamat mencoba bloggers. Sekian dan terima gaji.


Post a Comment

 
Top