0
Kegagalan adalah sesuatu yang kita tidak inginkan sama sekali. Sebaliknya, sebagai webmaster atau blogger kita tentu ingin blog kita bisa bermanfaat bagi banyak orang dan bisa menghasilkan uang bukan ?. Apakah anda ingin menjadi internet marketer sukses berikutnya seperti yang sudah dialami oleh beberapa blogger senior di Indonesia bahkan dunia?. Memang selalu banyak mimpi dan harapan kita untuk bisa meraih sukses, pertanyaannya mengapa hanya sekelompok blogger saja yang bisa sampai ke puncak kesuksesan ? mengapa sebagian besar blogger pemula justru menyerah ditengah jalan dari dunia blogging dengan hanya hitungan bulan saja (bahkan ada yang cuma hitungan minggu).

6 Alasan Mengapa Blogger Newbie Selalu Gagal

Alasannya adalah kegagalan. Apakah ini berarti orang-orang yang sukses tidak pernah melakukan kesalahan atau mengalami kegagalan ?

Mereka memang melakukannya, mereka juga mengalaminya, mungkin lebih sering dari yang anda alami selama ini. Tapi, satu-satunya perbedaan mendasar dari mereka yang gagal namun tetap bisa sukses adalah mereka belajar dari kesalahan mereka. Sedangkan, blogger pemula sekarang ini cenderung segera meninggalkan dunia blogging ketika mereka melihat tidak ada tanda-tanda kemajuan yang menjanjikan dalam blog mereka. Bukan tidak mungkin hal ini juga akan segera terjadi pada anda sendiri.

Tujuan dari posting ini adalah untuk menyadarkan semua blogger pemula dari tindakan konyol dan paling bodoh yang pernah dilakukan dengan beberapa alasan tertentu, mengapa sebagian besar newbie gagal di dunia blogging dan bagaimana cara mereka dapat menghindari kesalahan itu sebagai jalan untuk meraih sukses.

1. Bisa menghasilkan dalam waktu cepat

Orang tua, guru dan bahkan tertulis dalam buku bahwa tidak ada cara untuk cepat kaya. Tapi, siapa yang peduli akan pepatah tersebut zaman ini? Saya yakin jika Anda seorang blogger dan membaca postingan ini, anda tidak dapat menyangkal fakta bahwa Anda terjun ke dunia blogging hanya karena uang semata.

Sama sekali tidak ada kesalahan dalam tujuan tersebut, banyak blogger yang sukses masuk ke dunia blogging memang bertujuan hanya demi uang. Bahkan saya sendiri juga melakukannya (meskipun saya juga tidak dalam kategori berhasil). Tapi jika Anda terjun ke dunia blogging hanya untuk menjadi kaya dengan cara cepat, maka Anda memang ditakdirkan untuk gagal terus. Tanya kenapa?

Karena, blogging adalah kegiatan yang tidak akan memberikan hasil yang cepat. Kebanyakan blogger sukses biasanya berpikir bahwa mereka tidak berpikir untuk semata-mata mencari uang, sehingga akhirnya mereka sukses menekuni bidang ini dan pada akhirnya bisa menghasilkan uang dengan kerja keras dan kesabaran. Mungkin kecintaannya kepada topik yang selalu ia update dalam postingan menjadikannya sebagai pemilik tunggal blog yang berisi informasi yang dicari seputar kasus tertentu yang mungkin tidak bisa dijabarkan oleh blogger lainnya seperti yang ia lakukan.

Ketahuilah bahwa dunia blogging sangat jauh seperti usaha peternakan dan jual beli properti. Anda bisa memulai ngeblog dengan sedikit atau tanpa modal sama sekali. Tentu saja dengan bantuan SEO, Social Media, Back-linking dan banyak proses membosankan lainnya, semua blogger yang sukses juga berawal dari cara-cara tersebut untuk membangun sebuah blog yang populer dan sukses. Membangun sebuah perusahaan sangat mirip dengan membangun sebuah blog, kecuali jika anda memiliki modal cukup untuk mempromosikan dalam jumlah modal yang besar. Namun, dalam banyak kasus, perusahaan yang sukses biasanya membutuhkan modal yang cukup besar juga.

Jika Anda ingin menjadi pengusaha dimasa depan, dunia blogging akan memberikan sensasi tersebut.

Kembali ke awal bahwa dunia blogging belum tentu membayar pemilik blog dengan upah yang baik. Mengingat, anda harus terus bekerja keras dengan tekad dan sabar. Saat ini ada lebih dari 1 juta blog (dan terus bertambah). Jika Anda melakukan bidang ini dengan cara yang benar, mengikuti aturan yang tepat, Anda memang akan sampai ke puncak cepat atau lambat. Tapi, semua itu butuh waktu.

Meskipun, banyak yang akan mengatakan bahkan merekomendasikan dengan metode black-hat; Anda akan menghasilkan uang lebih cepat. Tapi yakinlah bahwa cepat atau lambat, Anda akan menyesal jika suatu saat nanti blog anda dihapus dari mesin pencari raksasa seperti google, bing dan yahoo.

Bahkan, perusahaan sekelas Apple sendiri butuh waktu bertahun-tahun untuk menjadi populer. Meski begitu, mereka tetap bekerja keras dan tidak ada melihat pahitnya masa lalu. Jika Anda memiliki karakter yang tidak sabar, blogging mungkin sangat sulit untuk Anda.

2. Tidak ada pengetahuan mendasar sejak awal

Jika Anda tidak memiliki ilmu dasar untuk permasalahan yang harus diselesaikan, bagaimana Anda bisa membuat masa depan yang kokoh untuk masa depan blog anda ?. Blogging adalah semua tentang belajar dan berbagi dengan orang lain. Meskipun telah banyak jumlah blog yang bertebaran di dunia maya ini, tidak peduli bagaimana ketatnya persaingan namun blog adalah tentang minat Anda dalam bidang tersebut. Sekalipun jika artikel yang kamu tulis kurang peminat di dunia maya, jangan sungkan untuk terus menulis tentang informasi tersebut, karena peluang untuk menjadi monopoli informasi dengan thema tersebut mungkin menjadi milik anda pada masa yang akan datang.

3. Kekurangan waktu untuk ngeblog

Dunia blogging harus diakui memang benar-benar menyita waktu yang sangat banyak/lama . Bahkan, blogger profesional sekalipun juga merasakannya.

Sebagai penulis di blog ini saya juga mengakui bahwa kurangnya waktu untuk terus ngeblog, tapi masalah klasik ini sebenarnya tergantung pada bagaimana Anda mengoptimalkan waktu sehingga aktivitas ngeblog bukanlah sesuatu yang menjadi penghalang rutinitas anda sehari-hari.

Belakangan ini blogger sudah semakin cerdas dalam mengoptimalkan waktunya. Menyadari bahwa ia tidak punya banyak waktu untuk mengurus blog, sehingga tindakan terjadwal menjadi solusi untuk mengatasinya, seperti posting pada hari tertentu, mengoptimalkan seo pada hari tertentu bahkan hal sekecilpun harus dikelola dengan baik dan terencana. Tujuannya adalah untuk menyiasati penggunaan waktu untuk bisa terus eksis dalam dunia blogging.

Juga, pastikan bahwa kamu memilih waktu yang tepat, seperti dalam banyak kasus, kita sering menulis artikel di waktu malam hari, namun karena kelelahan setelah seharian bekerja kita akhirnya tertidur. Mungkin bukan cuma saya yang mengalaminya. Sehingga membuat jadwal yang baik, mengikutinya dan melakukan pekerjaan produktif pada waktu itu haruslah benar-benar dilakukan dengan baik.


4. Tidak ada strategi manajemen sejak awal

Sebagian besar blogger yang sukses biasanya memiliki konsistensi dan beberapa strategi yang terkait dengan usaha mereka. Perusahaan-perusahaan besar memiliki pemimpin proyek dan manajer. Untuk bisnis mereka yang memiliki rencana yang lebih besar, dalam pelaksanaannya tentu diperlukan sebuah tim. Dalam blogging, anda tidak memiliki pemimpin proyek atau manajer, sebab anda adalah pemimpin dan pelaksana proyek. Anda harus mampu mengelola semuanya. Sebagian besar blogger tidak memiliki strategi dan tentang bagaimana dan apa yang harus dicapai. Mereka bahkan tidak memiliki tujuan untuk apa mereka ngeblog.

5. Tidak ada keterampilan dalam menulis

Seperti yang saya jelaskan sebelumnya, blogging adalah semua hal yang berhubungan dengan konten/postingan/artikel. Bahkan jika Anda sudah mendapat ilmu atau pendalaman materi tertentu, jika Anda tidak bisa mengungkapkannya lewat tulisan dengan baik, juga bisa dipastikan akan GAGAL. Postingan anda adalah produk utama, sedangkan yang lainnya seperti mempromosikan blog dll adalah yang kedua. Bahkan jika Anda memposting artikel pada jumlah yang besar, sebut saja 10-12 artikel dalam seminggu, tanpa kualitas itu semua semakin sia-sia belaka.

6. Kerja keras memang baik, tetapi kerja cerdas lebih baik

Mendapatkan keterampilan dalam menulis yang baik bukanlah proses yang bisa didapatkan dalam satu hari. Anda akan terus belajar dari kesalahan yang kamu perbuat. Kadang-kadang, dibutuhkan bertahun-tahun untuk mendapatkan gaya penulisan yang baik. Bahkan bertahun-tahun setelah itu, Anda akan mendapatkan keterampilan menulis yang baik, percayalah tidak ada seorangpun yang bisa membuat anda menulis dengan baik jika tidak dimulai dari niat diri sendiri.

Hal yang patut dicoba untuk membaca konten dari blogger lain seperti hendrikson fbi, mas bambang atau kang jhoni. Mereka saat ini dianggap salah satu blogger terbaik untuk karya tulisan-tulisan mereka. Cobalah untuk membacanya sebanyak yang kamu bisa, karena dengan banyak membaca juga akan menambah keterampilan anda dalam menulis.

Apakah selama ini anda juga membuat kesalahan yang sama?. Mari segera berubah untuk mencegah kegagalan terus mengikuti kita di kemudian hari. Semoga artikel ini bermanfaat dan jika benar-benar membantu agar sudi kiranya membagikan ke facebook, twitter dan juga google+, sekian dan terima gaji.

Post a Comment

 
Top